Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp Selain di Arsip

post_slug: cara-menyembunyikan-chat-whatsapp

WhatsApp menjadi aplikasi chatting yang sangat terkenal. Semua orang yang menggunakan smartphone pasti menggunakan atau setidaknya pernah menggunakan WhatsApp.

Dengan WA, kamu bisa berkomunikasi dengan siapa saja dan kapan saja asalkan terkoneksi ke internet.

Selain itu, WhatsApp juga memiliki beberapa fitur seperti WhatsApp Story di mana kamu bisa berbagi status berupa teks, gambar, maupun video.

Selain itu, WhatsApp juga memiliki fitur di mana kamu dapat menyembunyikan chat. Ini berguna jika kamu ingin melindungi privasimu.

Salah satu fitur untuk menyembunyikan chat WA adalah dengan mengarsipkan chat tersebut. Namun cara ini dianggap kurang efektif karena memiliki beberapa kekurangan.

Lihat juga Cara Screenshot Panjang Xiaomi di Semua Tipe

Kekurangan Menyembunyikan Chat dengan Cara Arsip

Memang cara menyembunyikan chat WhatsApp dengan arsip merupakan cara yang sangat mudah. Namun kamu juga harus tahu bahwa cara ini memiliki beberapa kekurangan.

#1 Bisa Dicari Melalui Nama yang Ada di Kontak

Seperti halnya kemudahan ketika mengarsipkan chat, kamu juga bisa dengan mudah mencari percakapan melalui nama yang ada di kontak WhatsApp.

Jadi cukup ketik nama orang yang chatnya akan kamu lihat. Setelah itu isi percakapan atau chatting tersebut sudah bisa kamu lacak dengan hanya sekali ketuk.

Tentu untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mengganti nama kontak yang sebelumnya telah kamu sembunyikan.

Jadi orang yang mencarinya berdasarkan nama tidak bisa menemukan isi dari chat tersebut karena sebelumnya namanya telah kamu ganti.

#2 Secara Otomatis Akan Naik Ke Urutan Pertama

Pesan yang telah kamu arsipkan atau sembunyikan otomatis berada di baris pertama. Ini terkesan lucu karena tujuanmu ingin menyembunyikan pesan namun malah pesan terebut ada di atas. memang itu yang menjadi kekurangan ketika menyembunyikan pesan WA dengan arsip.

Bagaimana Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp ?

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk menyembunyikan chat WhatsApp selain dengan arsip:

#1 Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp Tanpa Aplikasi

Sebenarnya menyembunyikan chat WhatsApp tidak perlu menggunakan aplikasi apa pun. Kamu bisa menyembunyikan 1 chat saja menggunakan cara-cara berikut ini.

  1. Buka WhatsApp
  2. Pilih chat yang akan kamu sembunyikan
  3. Tekan lalu tahan chat tersebut dan kamu akan melihat ada beberpa menu yang muncul di atas layar WA
  4. Klik gambar folder yang bertanda panah ke bawah yang terdapat di kanan (tepat di samping sebelah kiri titik tiga)
  5. Sekarang chat WhatsApp yang sudah kamu pilih tersebut akan otomatis hilang

Cara Menyembunyikan Seluruh Chat WhatsApp

Kamu juga bisa menyembunyikan chat WhatsApp dengan bantuan aplikasi. Biasanya cara ini dipilih untuk mengamankan pesan WhatsApp yang sifatnya sangat rahasia.

Bahkan menyembunyikan chat dari pacarmu yang mungkin kerap memeriksa hpmu. Menggunakan aplikasi pihak ketiga memang jauh lebih aman dibandingkan hanya dengan mengarsipkan chat tersebut.

Untuk aplikasi yang kamu gunakan adalah WhatsApp versi mod. Nama aplikasi tersebut adalah GBWA yang merupakan salah satu aplikasi WA mod yang populer.

Bagi yang belum tahu, WhatsApp memiliki beberapa aplikasi versi modifikasi. Aplikasi mod tersebut memiliki fitur yang lebih banyak dan bahkan lebih canggih dibandingkan WhatsApp versi resmi.

Salah satu fitur yang bisa kamu temukan di GBWA adalah Hide Chat atau fitur untuk menyembunyikan chat. Bagaimana cara menggunakan fitur tersebut? berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Jika belum menggunakan GBWA, silakan download aplikasi tersebut terlebih dahulu
  2. Install dan jalankan seperti biasa
  3. Setelah membuka GBWA, silakan pilih mana chat yang ingin kamu sembunyikan.
  4. Tekan dan tahan chat tersebut hingga kamu melihat tanda centang
  5. Setelah itu pada pojok kanan atas, silakan klik Hide Chat
  • Untuk membuat chatmu lebih aman, kamu bisa menambahkan Pattern agar pesan yang kamu sembunyikan tersebut tidak mudah ditemukan
  • Selesai

Sekian info dari life at mandiri, Sekarang kamu sudah berhasil menyembunyikan pesan tersebut. Jadi ketika ada orang yang membuka GBWA, mereka tidak akan menemukan chat yang mencurigakan