Sustainable School oleh Youngsters Semarang

Mandiri Youngsters Semarang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), dan Yayasan Edunesia telah menyelenggarakan kegiatan pembelajaran Zero Waste Management kepada 24 TK Unggulan di 16 kecamatan di Kota Semarang pada Sabtu, 30 November 2019 bertempat di Bank Mandiri Region VII / Jawa 2 Jl Pemuda No 73, Lt 5 Semarang.

Adapun beberapa pihak yang terlibat; Drs. Daryata, MM selaku Kepala Bidang Pembinaan PAUD-PNF dari Dinas Pendidikan; Rifki Nugroho, S.Pd., M.Kom selaku Bidang Pembinaan PAUD-PNF dari Dinas Pendidikan; Linggayani Soentoro, M.Pd selaku Ketua Yayasan Edunesia sekaligus Kepala Sekolah PAUD & TK Edu School, Narasumber Zero Waste Management dari Yayasan Edunesia; Santi Chandra Megawati selaku E Channel Operation Head dan Pembina Mandiri Youngsters dari Mandiri Region VII / Jawa 2;
Tim Mandiri Youngsters Semarang dan Tim Edu School

Terdapat 24 TK yang ikut serta dalam acara ini dan para pemangku jabatan di sekolah TK tersebut di atas diberikan ilmu dan informasi mengenai Zero Waste Management yang di dalamnya menjelaskan tentang penerapan gaya hidup minim penggunaaan bahan yang mencemari lingkungan, menolak bahan sekali pakai, dan meminimalisir sampah yang akan dikirimkan ke TPA.

Narasumber menginisiasi ‘Sekolah Tanpa Sampah’ dengan tujuan untuk menghasilkan lingkungan yang bersih dan sehat, pembentukan karakter anak dalam hal kedisiplinan, kepedulian terhadap lingkungan, serta perubahan gaya hidup ke arah yang lebih baik. Dalam kegiatan ini para peserta melakukan praktek pembuatan Ecobrick, Eco Enzyme, Komposter, Biopori.

Setelah mendapatkan pembelajaran tentang Zero Waste Mangement, seluruh peserta sekolah TK tersebut diberikan tantangan untuk melakukan Zero Waste Activity selama satu minggu berikutnya dari tanggal 1-8 Desember 2019. Berikut adalah ketentuan Zero Waste Challenge yang harus dilakukan:

  • Follow Instagram @mandiriyoungsters_semarangcity
  • Praktekan Zero Waste Activity di sekolah
  • Dokumentasikan Zero Waste Activity melalui foto dan video
  • Upload Zero Waste Activity di Instagram sekolah dengan hashtag :
    • #mandiriyoungsters_semarangcity
    • #mandiriyoungsters
    • #lifeatmandiri

Zero Waste Challenge

Setelah melaksanakan kegiatan Zero Waste Challenge sejak tanggal 1-8 Desember 2019, tiba saatnya Mandiri Youngster Semarang beserta dengan Tim Edu School memberikan reward kepada 3 sekolah terbaik. Berikut adalah daftar sekolah yg telah upload Zero Waste Activity sesuai waktu yg ditentukan di IG dengan hastag #mandiriyoungsters_semarangcity, #mandiriyoungsters #lifeatmandiri :

1. TK N Sendang Mulyo

2. PAUD IT Bina Amal

3. TK IT Nurul Qomar

4. TK N Pembina

5. TK N Banyumanik

6. TK N Polaman

7. KB-TK Nasima

8. TK Pembina ABA 54

9. TK Fajar Rachma 

10. TK Islam Satria Hasanudin

Berdasarkan hasil visit dan kriteria:

  1. Kreatifitas dan keragaman produk yang dihasilkan/aktivitas yang dilakukan bersama anak/orangtua
  2. Luas lingkup ragam komunitas yang dicapai dalam gerakan nol sampah sekolah (siswa, guru/staf, ortu/komite sekolah)
  3. Berorientasi pada kehidupan berkelanjutan (misal, minim penggunaan barang/kegiatan yg berpotensi menjadi sampah baru, berorientasi pada pendayagunaan sampah, manajemen sampah/limbah)

Dengan ini Mandiri Youngsters Semarang menyampaikan pemenang dari Zero Waste Challenge adalah sebagai berikut

Juara 1 : TKIT Nurul Qomar

Juara 2 : TK N Sendang mulyo

Juara 3 : TK Pembina ABA 54

Salam #zerowaste 👌Salam #energimudamandiri 



Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

Transformative Exchange

Transformative Exchange dibagi menjadi 2 agenda yang saling berkelanjutan. Acara pertama yaitu Social Transform Day, diadakan pada tanggal 24 November 2019 bertepatan dengan kegiatan Car

Langit Biru Mandiri Youngsters Jakarta Pusat

Pada Minggu 8 Desember 2019 lalu, Youngsters Jakarta Pusat mengadakan sebuah acara bertajuk Langit Biru Mandiri Youngsters Jakarta Pusat. Mandiri Youngsters Jakarta Pusat melalui Program