Mandiri Volunteer Pontianak Social Enterprise For Difabel

Isu sosial penyandang disabilitas pada beberapa tahun belakangan ini menjadi fokus perhatian dari banyak pihak, baik pemerintah, BUMN, swasta dan organisasi masyarakat.

Pemerintah Republik Indonesia pun melalui beberapa kementerian juga mempunyai program pemberdayaan penyandang disabilitas. Bahkan saat ini Presiden RI Joko Widodo memiliki seorang disabilitas Tunarungu sbg Staf Khusus Presiden, Angkie Yudistia owner Thisable.id

Perda Pemkot Pontianak No. 13 Tahun 2013 mengantur tentang pemberdayaan penyandang disabilitas di Kota Pontianak, salah satunya mengharapkan peran serta BUMN dalam hal tersebut.

Mandiri Youngsters Pontianak bekerjasama dengan Alumni Wirausaha Muda Mandiri dan beberapa organisasi masyarakat peduli disablitas (Kerabat Peduli Inklusi, Yayasan  Tunanetra Ar Rahmah, Yayasan Tunadaksa Sabatu, dan SLB Dharma Asih) mengadakan program pemberdayaan penyandang disabilitas generasi millenial (dengan sapaan akrab sahabat difabel).

Diawali dgn kegiatan Talkshow Millenial Sahabat Difabel pada tanggal 12 Nov 2019 di Aula SLB Dharma Asih, sahabat difabel ini mendapatkan motivasi utk berkarya dari narasumber (diantarnya Lidya Alvani Taslim Miss Deaf International 2016, Rizal Kurniady owner Raja Uduk WMM 2014 dan David Gerry ketua komunitas Kerabat Peduli Inklusi) 

Selanjutnya 53 Sahabat Difabel (Tunanetra, Tunarungu, Tunadaksa, & Tunagrahita) diberikan pelatihan keterampilan dan kewirausahaan oleh alumni WMM dan profesional jobs selama hampir 1 bulan mulai dari tgl 18 Nov 2019. 

Keterampilan yang diberikan seperti melukis, menjahit, fotografi, design grafis, tata rias,  memasak, wirausaha kuliner, business startup dan marketing online.

Pada akhirnya di tanggal 12 Desember 2019 lalu berlokasi Gedung UMKM Center Pontianak diadakan puncak acara Talent Day Sahabat Difabel, yang menampilkan hasil karya dan talenta mereka kepada masyarakat luas.

Hadir pada kegiatan ini Walikota Pontianak, Dinas Sosial, Dinas Perindagkop UMKM, Dinas Pemuda Olahraga, Dinas Kominfo, Dekranasda Pontianak, nasabah Bank Mandiri, yayasan peduli disabilitas dan masyarakat umum.

Suasana haru, bahagia, dan iklim inklusi tercipta dlm kegiatan ini. Dan patut disyukuri hasil karya sahabat difabel tersebut selanjutnya akan dikelola dan dipasarkan oleh Dekranasda & UMKM Center Pontianak.

“Kenali mereka (sahabat difabel) karena kemampuannya bukan karena kekurangannya”

Selamat Hari Disabilitas Internasional 2019

Dari Pontianak menuju Indonesia Inklusi Disabilitas Unggul

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

Sustainable School oleh Youngsters Semarang

Mandiri Youngsters Semarang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), dan Yayasan Edunesia telah menyelenggarakan

Transformative Exchange

Transformative Exchange dibagi menjadi 2 agenda yang saling berkelanjutan. Acara pertama yaitu Social Transform Day, diadakan pada tanggal 24 November 2019 bertepatan dengan kegiatan Car