Launching Kampung Mandiri Tersenyum

Jakarta (16/11) Youngters Jakarta Utara mengadakan launching Kampung Mandiri Tersenyum (TERima SEdekah miNYak jelantah Untuk Mereka), yaitu sebuah campaign gerakan satu hari tukar minyak jelantah dengan minyak sayur untuk mewujudkan Kampung Mandiri Tersenyum.

Launching ini diadakan di RPTRA Manunggal Juang Sukapura Jakarta Utara dan dihadiri oleh Sigit Wijatmoko A.P , M,Si (Walikota Jakarta Utara) diwakili oleh H.Muhamad Alwi (Camat Clincing), Abdul Rahman Hakim (Lurah Sukapura), Santi Hayuningtias (Vice President Bank Mandiri), Bisma Manda Samsu (Captain Mandiri Youngsters), Erik Estrada (Captain Mandiri Youngsters Jakut).

Gerakan satu hari tukar minyak jelantah dengan minyak sayur untuk mewujudkan kampung mandiri tersenyum (ini merupakan kegiatan pemberian edukasi berkesinambungan dan gerakan untuk mengajak masyarakat mengumpulkam minyak jelantah rumah tangga ke dalam suatu wadah khusus. Kegiatan ini diharapkan dapat merubah kebiasaan masyarakat yaitu membuang minyak jelantah kedalam saluran air maupun dikonsumsi kembali.

Dalam kegiatan launching ini akan diadakan kegiatan campaign sesuai tema di mana masyarakat dapat menukarkan minyak jelantah dengan minyak sayur kemasan baru, namun sebelum itu masyarakat akan mendapatkan sosialisasi dalam bentuk talkshow tentang bahaya minyak jelantah bagi kesehatan maupun bagi lingkungan dari praktisi ahli bidang kesehatan dan praktisi lingkungan hidup.

Selain itu dalam kegiatan ini Youngsters Jakarta Utara juga akan aktif memberikan pendampingan dan memberikan tong sedekah untuk menampung minyak jelantah yang akan di berikan ke masing masing RT/kampung/wilayah dimana nantinya para masyarakat dengan kesadaranny sendiri dapat mengumpulkan minyak jelantah kedalam tempat tong sedekah tanpa paksaan atau sudah menjadi kebiasaan sehingga lingkungan tersebut menjadi lebih baik.

Nantinya tong- tong sedekah yang sudah penuh terisi minyak jelantah ini akan dikumpulkan dan diolah kembali menjadi bahan bio diesel di mana Youngsters Jakarta Utara telah bekerja sama dengan rumah sosial kutub untuk mengelolanya. (Sedekah itu mudah dan bisa dengan apapun)

Keterangan tambahan terkait acara: para youngsters nantinya dibagi kedalam beberapa tim guna melakukan pendampingan ke masing masing RW/RT, tiap tong sedekah yang terkumpul akan ada nilai sedekahnya yang akan dikembalikan pengelolaannya untuk warga dan lingkungan yang dikoordinasikan oleh kelurahan.

Untuk ke depannya, Mandiri Youngsters akan buat aplikasi bernama Jemput Aqu, di mana aplikasi ini akan memudahkan untuk melakukan komunikasi apabila tong sedekah telah penuh, dan mengontrol jumlah tong sedekah minyak jelantah yang dihasilkan oleh masing masing RW/RT/warga.

Dalam proses pendampingan ini akan dilakukan secara berkesinambungan dan akan dilakukan pengukuran jumlah limbah cair rumah tangga yang terkumpul dalam periode tertentu

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

Sustainable School oleh Youngsters Semarang

Mandiri Youngsters Semarang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), dan Yayasan Edunesia telah menyelenggarakan

Transformative Exchange

Transformative Exchange dibagi menjadi 2 agenda yang saling berkelanjutan. Acara pertama yaitu Social Transform Day, diadakan pada tanggal 24 November 2019 bertepatan dengan kegiatan Car