Cara Tepat Untuk Memulai Bisnis Kuliner

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Bila Youngsters sadari, saat ini dunia bisnis sedang menurun bahkan sampai mengalami defisit besar-besaran. Banyak pebisnis yang kerap stres untuk memikirkan jalan keluar agar usahanya tetap lancar dan berkembang seperti pada awal dibangunnya bisnis tersebut. Namun ada satu bisnis yang sangat menggiurkan bagi pemilih bisnis dan juga customer-nya yakni bisnis kuliner. Memang pada kenyatannya, walaupun keuntungannya sedikit tetapi tetap ada pemasukan karena semua orang butuh makanan.

Banyak sekali pebisnis kuliner yang rela pinjam modal agar bisnisnya semakin berkebang hingga buka cabang baru. Namun, bagaimana cara yang tepat untuk memulai bisnis kuliner? Lewat artikel ini, Youngsters akan diberikan tips agar kamu dapat memulai bisnis kuliner.

Ketahuilah Pasar 

Illustration of hands holding junk food

Ini adalah hal yang paling penting ketika kamu ingin memulai untuk berbisnis di bidang kuliner. Youngsters harus tau pasar yang sedang diinginkan oleh konsumen. Pasar merupakan salah satu aspek penting dalam berbisnis, begitu juga dengan kuliner. Sebelum kamu mengeksekusi bisnis kuliner, kamu harus menentukan segmentasi dan pasar. Misal, kalau ingin berbisnis kuliner nasi goreng, kamu harus membuat segmentasi sendiri agar nasi gorengnya dikenal. Maka dari itu Youngsters perlu melakukan beberapa inovasi agar konsumen menganggap bahwa nasi goreng kamu itu sangat spesial.

Yakinkan Konsumen Bahwa Bisnis Kuliner Kamu Beda

Meyakinkan kosumen untuk menjadi pelanggan kamu tentu memiliki trik tersendiri, dan terbilang susah susah gampang. Kamu wajib memiliki sisi keunikan dalam penjualan atau copywriting yang tepat untuk produk kamu. Misal bisnis Anda diberilabel “Berdiri Sedjak 2017” atau “Dibalut dengan Puluhan Bumbu Rahasia”. Hal-hal tersebut dapat meyakinkan konsumen untuk datang lagi ke kedai atau restoran kamu.

Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan akan menjadi patokan para konsumen setelah sajian kamu yang mungkin memang lezat. Sangat disayangkan bila kamu memiliki menu terbaik namun pelayanannya sangat kurang, otomatis hal tersebut dapat membuat pelanggan kamu kabur ke kedai lainnya, Youngsters. Selain pelayanan, gunakanlah teknologi yang ada saat ini seperti fasilitas aplikasi pengantar makanan yang dapat memudahkan pelanggan.

Bangun Relasi dengan Pelanggan

People with thumbs up symbol

Membangun relasi yang baik dengan pelanggan tentu membuat bisnis kamu semakin meroket, Youngsters. Trust yang diberikan pelanggan kepada kamu tentu akan semakin besar dan mereka akan kembali lagi ke kedai sebagai bentuk kebutuhan dan trust yang telah mereka berikan. Tanpa mereka, kesuksesan bisnis kamu tentu dipertaruhkan. 

Sumber Pemasukan

Dalam memulai suatu bisnis, tentu kamu perlu mengetahui sumber pemasukan bisnis kamu tersebut. Mulai dari berpikir apakah Anda mengandalkan produk sebagai sumber pemasukan atau kamu lebih memilih komisi dan iklan sebagai sumber pemasukan.

Aktivitas Bisnis

Setelah bisnis berjalan, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal agar bisnis semakin lancar. Mulai dari strategi, operasional, marketing, keuangan, hingga sumber daya manusia. Elemen-elemen tersebut akan membantu memperlancar bisnis Youngsters agar berjalan dengan baik.

Share inspirasi dan informasi untuk para Youngsters di Indonesia dengan menulis blog-blog yang up-to-date, seperti blog yang satu ini. Klik di sini untuk kirim tulisan kamu!

More To Explore

Social Project

Sustainable School oleh Youngsters Semarang

Mandiri Youngsters Semarang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), dan Yayasan Edunesia telah menyelenggarakan

Social Project

Transformative Exchange

Transformative Exchange dibagi menjadi 2 agenda yang saling berkelanjutan. Acara pertama yaitu Social Transform Day, diadakan pada tanggal 24 November 2019 bertepatan dengan kegiatan Car