7 Kebiasaan yang Bisa Membantu Hidup Lebih Efektif

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Youngsters, apakah kamu ingin hidup lebih produktif atau ingin meraih kesuksesan di dunia kerja? Atau mungkin berharap untuk menjadi pasangan yang lebih penyayang dan setia?

Apapun yang kamu cita-citakan pastinya bisa dicapai melalui perubahan dari dalam dirimu sendiri, Youngsters! Cara paling jitu untuk mengubah diri dalam jangka panjang adalah dengan mengadaptasi kebiasaan atau habit yang lebih baik.

Tapi apa sih yang sebenarnya bisa membantu agar hidup lebih efektif? Ringkasan buku The 7 Habits Of Highly Effective People oleh Stephen R. Covey ini akan membantu kamu untuk fokus kepada tujuh kebiasaan agar hidupmu lebih efektif. Let’s see how, Youngsters!

1. Proaktif

Cobalah untuk mampu mengontrol pengaruh di lingkungan sekitarmu, jangan mudah terpengaruh oleh keadaan eksternal dan menyalahkan orang lain. Ambil alih dan pikul tanggung jawab untuk hidupmu sendiri dengan mengembangkan keempat karunia manusia yang unik – kesadaran diri, hati nurani, daya imajinasi, dan kehendak bebas.

2. Buat Tujuan Hidup

Jangan habiskan hidupmu dengan bekerja tanpa tujuan seperti: mengerjakan pekerjaan apapun yang datang menghampiri. Temukan value diri kamu sendiri dan buatlah tujuan hidupmu. Pastikan setiap hari apa yang kamu kerjakan adalah untuk mencapai visi tersebut.

3. Mengutamakan Hal yang lebih Penting

Rencanakan, prioritaskan, dan eksekusi setiap pekerjaan berdasarkan skala kepentingannya dan pastikan itu akan membawa kamu untuk mencapai visi masa depanmu. Jadi, jangan terkecoh dengan pekerjaan-pekerjaan yang kurang begitu penting ya, Youngsters!

4. Berpola Pikir “Win-Win”

Saat sedang bernegosiasi dengan orang lain, jangan mencoba untuk mendapatkan ‘porsi’ yang lebih besar. Youngsters, cobalah untuk mencari titik tengah yang menguntungkan semua pihak. Kamu pasti akan tetap mendapatkan bagian kamu dan dapat membangun relasi positif yang kuat seiring berjalannya waktu.

5. Mengerti, Baru Kemudian Dimengerti

Ketika seseorang memberikan kita suatu masalah, janganlah langsung ingin memberikan solusi tercepat. Kebiasaan ini merupakan sebuah kesalahan. Sebaiknya kamu mencoba untuk terlebih dahulu mendengarkan lawan bicara kamu dan dari situ kamu baru bisa mulai mengerti dan memberikan nasihat terbaik.

6. Bersinergi

Adaptasi prinsip yang membimbing bahwa kontribusi banyak orang akan melebihi kontribusi individual. Ini akan membantu Youngsters mencapai goals yang mungkin tidak bisa kamu raih sendirian.

7. Merawat Diri

Mulailah miliki gaya hidup yang sehat, sisihkan waktu untuk memulihkan diri, dan mengisi energi sehingga kamu bisa selalu memiliki kinerja yang optimal. Perbarui diri terus-menerus dalam keempat bidang kehidupan dasar: fisik, sosial/emosional, mental, dan rohani.

Share inspirasi dan informasi untuk para Youngsters di Indonesia dengan menulis blog-blog yang up-to-date, seperti blog yang satu ini. Klik di sini untuk kirim tulisan kamu!

More To Explore

Social Project

Sustainable School oleh Youngsters Semarang

Mandiri Youngsters Semarang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), dan Yayasan Edunesia telah menyelenggarakan

Social Project

Transformative Exchange

Transformative Exchange dibagi menjadi 2 agenda yang saling berkelanjutan. Acara pertama yaitu Social Transform Day, diadakan pada tanggal 24 November 2019 bertepatan dengan kegiatan Car